Peluang Bisnis Catering Sahur Raup Untung Nasib Mujur

Sebentar lagi Ramadhan, tentunya umat muslim berpuasa saat bulan Ramadhan tiba. Kebiasaan saat bulan ramadhan adalah kegiatan makan sahur dan buka puasa. Usaha catering sahur belum banyak dilirik oleh pelaku usaha sebab bisnis ini tak dianggap memberi untung yang besar. Padahal bisnis catering sahur ini jika anda tahu triknya bisa memberikan keuntungan yang besar.

Catering sahur menjadi solusi tepat untuk mencukupi kebutuhan makan sahur anda. Dengan jasa catering sahur, Anda tak perlu memasak atau membuang energi untuk memikirkan menu sahur. Makanan sahur anda akan tersedia di rumah melalui jasa pengantar yang bisa diandalkan. Nyaman, bukan? Jadi peluang bisnis catering sahur pasti bisa diandalkan.

Peluang Bisnis Catering Sahur Raup Untung Nasib Mujur

Tips Menjalani Bisnis Catering Sahur

Terjadinya perubahan gaya hidup pada bulan Ramadhan, membuka peluang bisnis bagi penyedia jasa catering. Catering sahur diyakini lebih menantang dibandingkan catering harian. Pasalnya, banyak faktor pertimbangan yang harus disiapkan dengan matang agar usaha ini tidak hanya berjalan lancar, melainkan juga memperoleh reputasi gemilang dari konsumen. Nah, bagi Anda yang berminat menjalani bisnis ini, berikut tips untuk menjalankan catering usaha yang bisa Anda pertimbangkan:

Pemilihan menu sahur yang tepat adalah kunci utama memulai bisnis katering sahur. Tidak dipungkiri rasa malas dan ngantuk kerap menggelayut ketika sahur tiba. Untuk itu sebaiknya Anda membuat menu makan sahur yang menggugah selera. Tentunya menu yang menarik bisa menghilangkan kantuk dan malas. Selain itu, menu makan sahur yang dikirimkan ke konsumen sebaiknya yang praktis untuk dihangatkan kembali baik di kompor maupun microwave.

Pola makan selama puasa berubah menjadi dua kali sehari. Oleh karenanya, menu sahur pun wajib memenuhi gizi seimbang. Tujuannya agar tubuh tetap kuat dan segar menjalani puasa seharian hingga jam buka puasa tiba. Gizi seimbang bukan sekadar karbohidrat, protein, dan serat sayuran melainkan juga vitamin dan kadar air dari buah-buahan. Pilihan yang tepat jika Anda memasukkan buah seperti apel, pir, pisang, atau mangga ke dalam menu sahur sehat Anda.

Menu sahur sehat misalnya sandwich tuna telur dengan buah segar, nasi merah dengan ayam paprika, tumis brokoli dan kacang mede, atau kentang kukus dengan salmon asap, yang dilengkapi dengan salad sayur dan buah segar.

Paling penting dari menu adalah kualitas rasa. Rasa makanan untuk porsi 4 orang sama seperti porsi untuk 20 orang. Kualitas rasa yang selalu terjaga dijamin bisa memuaskan lidah konsumen.

Alangkah baiknya Anda menyusun menu untuk satu bulan penuh. Hal ini memudahkan Anda dalam berbelanja bahan baku, memasak di dapur, maupun dalam mengatasi kondisi darurat seperti ketiadaan bahan baku di pasar hingga menukar menu. Tidak lupa untuk menyesuaikan permintaan khusus jika ada konsumen yang memiliki riwayat alergi makanan tertentu.

Keuntungan Bisnis Catering Sahur

Usaha katering sahur bisa mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda. Hal ini bisa terjadi selama Anda mampu memasang harga bersaing yang tepat. Harga yang dibanderol harus mempertimbangkan kenaikan harga bahan baku di pasar (yang kerap terjadi menjelang Lebaran) dan persaingan harga dari kompetitor.

Penentuan harga bisa disiasati dengan pembuatan paket penawaran. Misalnya paket katering sahur lengkap (termasuk buah) atau paket sahur tanpa buah. Paket ini juga bisa dibedakan dari bahan baku yang digunakan. Pada umumnya, paket katering sahur dibanderol di kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 50 ribu per pax. Cantumkan harga ini dalam penawaran ke konsumen.

Leave a Reply