Mengenali Perkembangan Bayi 4 Bulan dan Cara Perawatannya

Pada saat perkembangan bayi 4 bulan ini, biasanya bayi akan lebih lincah dan orang tua harus bisa lebih waspada. Biasanya, dalam masa perkembangan ini anak akan bertambah responsif seiring bertambahnya usia. Cirinya yakni, pada saat umur 4 bulan bayi akan lebih senang untuk mengekspresikan diri melalui senyuman, ketawa, cegukan dan celotehan.

Nah, dalam artikel ini akan di bahas terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi 4 bulan yang normal pada buah hati anda.

Mengenali Perkembangan Bayi 4 Bulan dan Cara Perawatannya

Pertumbuhan Bayi Pada Usia 4 Bulan

Biasanya, berat badan bayi pada usia ini  akan bertambah dua kali lipat dari berat badan ketika lahir. Perkembangan inilah yang biasanya selalu digunakan sebagai tolak ukur seorang ibu untuk melihat asupan gizi pada anaknya. Apabila anda merasa khawatir bayi anda tidak mendapatkan asupan gizi yang baik atau berat badan yang cukup, maka anda bisa segera konsultasikan dengan dokter ahli.

Perkembangan Bayi 4 bulan

Ketika bayi pada usia 4 bulan, biasanya ditandai dengan seorang bayi yang sudah mulai menyadari sebuah reaksi orang-orang yang ada di sekitarnya untuk melakukan sesuatu. Apabila bayi sedang menangis, maka segera mungkin untuk menghampirinya. Apabila sedang menjatuhkan sesuatu, maka anda bisa memungutnya. Atau apabila bayi sengaja untuk menjatuhkan objek yang sama berulang secara kali,  yang tujuannya hanya untuk melihat anda memungutnya kembali.

Perkembangan bayi 4 bulan ini untuk tahapan belajar berkomunikasi secara efektif. Cara bayi untuk mengekspresikan diri yakni dengan melalui cegukan, celotehan seperti ooh dan aah, pekikan dan tertawa. Dalam usia ini bayi juga bisa mengekspresikan berbagai macam emosinya. Dari mulai ekspresi tersenyum lebar karena gembira, muka cemberut karena sedang kesal, sampai membuka mulut lebar-lebar pada saat merasa kaget atau heran.

Biasanya di usia 4 bulan ini juga bayi mulai belajar untuk mengenali emosi orang di sekelilingnya. Mulai dari suara dan ekspresi wajah orang tersebut. Beberapa tahapan perkembangan bayi dari minggu ke minggu pada usia empat bulan:

Minggu ke-14, bayi mulai bisa memahami sebab akibat yang ada di sekitarnya.
Minggu ke-15, bayi mulai bisa mengingat sesuatu yang sudah didengar atau dilihatnya.
Minggu ke-16, bayi mulai bisa melihat dengan baik.
Minggu ke-17, bayi mulai bisa memperhatikan pola yang sudah diterimanya.

Cara Merawat Bayi 4 Bulan

Bagi seorang ibu,  sebaiknya bisa lebih waspada tentang pemberian makanan padat pada bayi. Kecuali apabila bayi anda memang memiliki tubuh besar (sehingga ASI atau susu formula tidak cukup mengenyangkannya dan mendukung perkembangan bayi usia ini). Sebab jika keadaannya seperti itu, berarti bayi tersebut sudah siap untuk menerima beberapa makanan padat. Pastikan bahwa bayi anda sudah dapat menopang kepala dan lehernya dengan baik, dan pastinya sudah bisa duduk tegak dengan disangga. Terlebih lagi, apabila memang sudah memungkinkan, maka anda bisa coba konsultasikan hal tersebut dengan dokter anak anda terlebih dahulu.

Beberapa makanan padat pertama bayi sebaiknya dapat berupa bubur susu yang encer (bisa dicampur dengan ASI atau sufor) atau buah-buahan tertentu yang diencerkan seperti pisang, alpukat, pir, dsb. Sebab, makanan tersebut sangatlah baik untuk perkembangan bayi 4 bulan. Kemudian, anda lihat reaksi bayi anda, apabila bayi menolaknya, maka kemungkinan besar anda harus menunggu satu atau dua minggu selanjutnya sebelum mencoba memberinya makanan jenis itu lagi.

Leave a Reply