Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Kurma merupakan buah yang berasal dari negara-negara di Timur Tengah, dan umumnya tumbuh di padang pasir. Kurma seringkali dijadikan sebagai oelh-oleh yang wajib dibawa oleh orang yang pergi untuk ibadah haji. Buah yang satu ini juga menjadi buah yang disunnahkan oleh Rasulullah sebagai pembuka pada saat berbuka puasa.

Dilihat dari kandungan nutrisinya, Kurma mengandung banyak nutrisi seperti thiamin, niasin, folat, dan riboflavin, sehingga buah ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, Kurma banyak mengandung senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin, serat, mineral, kalsium, sulfur, Fe, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium.

Manfaat Kurma bagi Kesehatan

Manfaat Kurma bagi Kesehatan Tubuh

Meningkatkan Energi dalam Tubuh

Kurma mengandung berbagai gula sederhana yang dapat mudah terurai dan diserap oleh tubuh kita. Gula yang terkandung di dalam biji Kurma antara lain glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Meskipun kandungan gulanya tinggi, gula dalam buah Kurma sangat aman dikonsumsi karena merupakan gula alami.

Ketika tubuh letih dan memerlukan asupan energi, Kurma dapat menjadi makanan pertama dan menjadi cemilan karena akan cepat memberikan asupan gula yang menjadi bahan bakar untuk menghasilkan energi bagi tubuh.

Oleh karena itu, Rasulullah juga mengajarkan sunnah untuk mengonsumsi Kurma sebagai pembuka ketika berbuka puasa.

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi Kurma dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kurma banyak mengandung senyawa potassium yang dapat berperan dalam mengurangi resiko seseorang terkena stroke.

Seperti kita ketahui, stroke disebabkan oleh tingginya kolesterol LDL dalam tubuh, sehingga apabila kita banyak mengonsumsi Kurma, maka kolesterol jahat atau kolesterol LDL ini akan terjaga keseimbangannya. Karena kolesterol LDL dalam tubuh seimbang, maka kita akan terhindar dari serangan stroke.

Menguraikan Lemak dalam Tubuh

Lemak merupakan senyawa yang terbentuk secara alamiah di dalam tubuh setiap orang. Besar kecilnya produksi lemak dalam tubuh tergantung pada sifat turunan dan pola perilaku seseorang. Lemak dapat menjadi permasalahan serius bagi kesehatan apabila tidak dikontorl dengan baik.

Kurma banyak mengandung senyawa kalium dan sulfur dapat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh khususnya jantung. Selain itu, senyawa-senyawa ini juga berperan dalam menguraikan atau memecah lemak dan kolesterol dalam tubuh, sehingga tubuh kita akan terhindar dari kegemukan, stroke, serta gangguan kesehatan yang disebabkan oleh lemak atau kolesterol.

Membantu Mengatasi Anemia

Anemia merupakan gangguan kesehatan dimana tubuh memiliki sel darah merah yang rendah. Sel darah merah berperan dalam pengangkutan oksigen dalam tubuh, sehingga apabila sel darah merah tubuh rendah, maka tubuh tidak dapat mengedarkan oksigen ke berbagai bagian tubuh. Apabila hal ini terjadi, maka tubuh akan terasa lemas karena tidak adanya asupan oksigen yang cukup.

Dengan mengonsumsi kurma, tubuh akan terbantu dalam pembentukan sel darah merah. Hal ini dikarenakan Kurma mengandung mineral berupa zat besi yang merupakan bahan utama pembentukan hemoglobin, yang merupakan bagian utama dari sel darah merah.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kurma mengandung berbagai senyawa yang baik bagi kesehatan saluran pencernaan. Kurma mengandung serat yang tinggi, baik serat yang larut maupun tak larut. Kurma juga mengandung berbagai asam amino yang dapat menstimulasi pencernaan makanan. Dengan sistem pencernaan yang bekerja optimal, maka penyerapan unsur hara dapat berjalan dengan optimal.

Kandungan serat yang halus dan larut juga dapat membantu mengobati diare dan membantu kinerja usus.

Dengan rutin mengonsumsi kurma, mikrobiologis usus dapat terjaga. Pertumbuhan mikroorganisme patologis dapat terhambat, dan pertumbuhan mikroorganisme yang menguntungkan akan terstimulasi, sehingga kesehatan sistem pencernaan akan terjaga.

Demikian beberapa manfaat kurma bagi kesehatan tubuh. Mari kita jaga kesehatan, dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply