5 Tips Memilih Lampu Hias Untuk Ruang Tamu yang Nyaman

Lampu bukan hanya bermanfaat untuk penerangan, namun di samping itu lampu hias yang mana dikombinasikan dengan tepat bisa Anda jadikan sebagai salah satu elemen dekorasi yang mana bisa mempercantik dan memperindah ruang tamu Anda.

Lampu hias tidak selalu berkaitan dengan lampu gantung atau bahkan jenis lampu Kristal lainnya yang memiliki harga mahal, karena ketika Anda ingin mempercantik suatu ruangan, Anda juga bisa memilih jenis lampu hias yang sederhana, murah namun masih tetap mempesona.

Penting untuk diketahui, bahwa lampu hias yang Anda pasang di ruang tamu, apalagi pemasangan dan pemilihannya tepat maka bisa menghadirkan kesan yang luar biasa. Bahkan penataan cahaya di suatu sudut ruangan atau bahkan di beberapa sisi tertentu di dalam interior ruan tamu bisa memberikan efek shading atau dalam kata lain mampu memberikan bayangan khusus.

Tips Memilih Lampu Hias Ruang Tamu

Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam memilih lampu hias yang tepat untuk ruang tamu Anda, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ukuran ruang tamu

Bagi Anda yang memiliki ruang tamu dengan ukuran yang cukup luas, maka dipastikan Anda akan leluasa untuk menentukan jenis lampu seperti apa yang akan Anda gunakan untuk penerangan ruangan tersebut. Akan tetapi jika ruang tamu Anda berukuran kecil, maka Anda harus benar-benar mempertimbangkan jenis lampu hias seperti apa yang cocok untuk ruang tamu Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sejumlah lampu-lampu ukuran kecil dengan jumlah yang cukup banyak, yang mana bisa Anda letakkan secara tersembunyi di bagian balik plafon.

2. Perhatikan tinggi plafon ruang tamu

Jika Anda memiliki plafon yang cukup tinggi, maka jenis lampu hias yang cocok digunakan adalah jenis lampu hias gantung. Karen ajika Anda menggunakan lampu dengan ukuran yang kecil, maka dipastikan tidak akan cocok dengan ukuran plafon yang tinggi, bahkan pencahayaannya akan kurang.

Penting untuk diketahui, bahwa lampu gantung biasanya akan memperpendek jarak dari sumber cahaya denganpusat aktivitas di suatu ruangan tersebut. Bukan hanya itu, umumnya lampu gantung juga akan sangat cocok digunakan untuk sejumlah ruangan yang mana membutuhkan cahaya langsung, misalkan seperti di terapkan untuk meja ruang tamu atau bahkan ruang makan. Penting juga untuk diketahui, jika Anda memilih lampu gantung, maka jarak ideal penerapan lampu gantung adalah sekitar 30 cm dari atas kepala.

3. Sesuaikan desain lampu dengan konsep desain ruang tamu

Untuk lampu hias, Anda juga harus menyesuaikan pilihannya dengan konsep desain rumah atau ruang tamu Anda. Jangan sampai Anda memilih jenis lampu hias yang salah, yang mana tidak sesuai dengan konsep dari ruang tamu Anda sendiri.

4. Ketahui jenis-jenis lampu hias

Bagi Anda yang ingin membeli lampu hias untuk ruang tamu, maka Anda harus mengetahui jenis-jenis lampu hias itu seperti apa. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memnentukan jenis lampu hias yang paling cocok dan sesuai dengan desain rumah atau ruang tamu Anda.

Nah, untuk lampu hias sendiri memiliki beberapa jenis atau tipe, seperti:

  • Chandelier: Jenis lampu hias yang cocok dijadikan sebagai pusat perhatian di sebuah ruangan.
  • Lampu gantung: Adalah jenis lampu hias yang digantung menggunakan kawat yang mana ketinggiannya mendekati posisi mata. Lampu hias ini paling cocok di letakkan sendiri-sendiri untuk menerangi meja ruang tamu secara langsung.
  • Lampu hias langit-langit: Jika Anda ingin memberikan efek dekorasi yang jauh lebih sederhana untuk ruang tamu Anda, maka Anda bisa memilih jenis lampu hias yang hanya diletakkan di langit-langit ruang tamu saja.
  • Lampu dinding: Biasanya jenis lampu ini hanya digunakan untuk menambahkan efek pada hiasan dinding saja, seperti lukisan atau karya seni lainnya.
  • Lampu meja dan lantai: Lampu jenis ini merupakan salah satu jenis lampu hias yang bisa menjadi item dekorasi yang sangat penting untuk suatu ruangan. Anda juga bisa memilih bentuk yang beragam, yang patsinya harus Anda sesuaikan dengan konsep ruangan tersebut.

5. Pilihlah yang hemat listrik dan tahan lama

Yang terakhir adalah, pilihlah jenis lampu yang hemat listrik serta tahan lama.

Leave a Reply