Ciri-ciri hamil muda 

Peroses kehamilan terjadi ketika sel telur berhasil dibuahi oleh sel sperma yang berhasil memasuki Rahim. Proses awal kehamilan akan menyebabkan beberapa gejala yang mungkin akan mengganggu aktivitas anda. Hal ini terjadi karena adanya beberapa perubahan hormon yang terjadi didalam tubuh bunda. Ketika sistem hormone dalam tubuh bunda baik, bunda akan lebih mudah mengetahui saat bunda memasuki kehamilan muda. Selain itu  bunda yang memiliki kondisi tubuh sehat saat sebelum hamil juga akan mempermudah mendeteksi kehamilan lebih dini.

 

Gejala hamil muda

Untuk bunda yang memiliki kondisi tubuh dan hormon yang sehat, akan  bisa dengan mudah mendeteksi kehamilan lebih dini dengan tanda-tanda tertentu yang akan ditunjukan oleh tubuh anda. Beberapa gejala hamil muda yang umum timbul diantaranya adalah:

Payudara menjadi lebih lembut

hormon estrogen dan hormone progesterone keberadaannya akan meningkat dengan cepat setelah sel telur berhasil dibuahi oleh sperma. Perubahan dari kedua hormone ini akan mengakibatkan payudara terasa lebih lembut. Perubahan pada payudara ini akan terjadi setelah 1-2 minggu pembuahan.

Penyebab lainnya yang menjadikan payudara menjadi lebih lembut adalah karena payudara menampung banyak cairan didalamnya.

Pendarahan ringan

Implantasi atau pendarahan ringan juga akan terjadi setelah induk telur berhasil dibuahi sperma, implamantasi biasanya akan terjadi 6 hari setelah induk telur berhasil dibuahi. Pendarahan akan terjadi tidak lebih dari 24 jam, tekstur darah juga sangat cair dan berwarnamerah terang.

Namun jika pendarahan sangat banyak namun tidak sedang dalam kondisi siklus haid, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter karena bisa jadi anda mengalami keguguran.

Mudah merasa lelah

Mudah merasa sangat lelah juga akan menjadi petunjuk bahwa usia kehamilan anda 1 minggu, hal ini wajar terjadi dengan usia kehamilan 1 minggu dan akan hilang dengan sendirinya. Kelelahan terjadi karena peningkatan hormone progesterone yang sangat tinggi.

Hal ini juga biasanya dibarengi dengan detak jantung yang lebih cepat dan tubuh yang bergetar. Hal ini normal dan baik untuk janin yang baru tumbuh dalam Rahim anda. Untuk mengatasinya anda cukup beristirahat yang cukup hingga rasa lelah pulih.

Sering merasa ingin buang air kecil

Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada ibu hamil yang memasuki trimester kedua, namun umum terjadi pada usia kehamilan 1 minggu. Hal ini terjadi karena janin yang sedang tumbuh didalam Rahim dan menekan pada kandung kemih. sehingga mengakibatkan kandung kemih  tertekan dan merasa ingin selalu buang air kecil. Untuk mengatasinya sebaiknya tidak menahannya dan segera mengosongkan kandung kemih anda.

Sulit makan

Banyak hal yang menyebabkan anda enggan untuk makan, penyebabnya adalah karena meningkatnya hormone kehamilan sehingga akan membuat anda tidak nyaman dan memicu gejala lain seperti mual, masalah pencernaan da perut yang selalu terasa kosong.  Untuk mengatasinya sebaiknya anda menemui dokter.

Mood yang sering berubah

Perubahan hormon yang meningkat juga akan menyebabkan anda menjadi lebih sensitive seperti menjadi mudah sedih, mudah marah dan bisa mudah gembira. Mungkin anda akan merasa sedikit aneh karena perubahan mood ini biasanya terjadi meski tidak ada masalah apapun yang menjadi pemicunya.

Perubahan hormon yang seperti ini sebenarnya sangat wajar dan tidak perlu penanganan khusus,  hanya berilah  pemahaman pada orang-orang yang berada dilingkungan anda dengan kondisi anda sekarang. Dan tentunya adalah pasangan Anda.

Leave a Reply